Senin, 06 Juli 2009

PANDANGAN PARA PAKAR TENTANG KESENJANGAN DIGITAL

1. Sigit Widodo (SW):


Selama ini kita selalu mengatakan, kesenjangan digital itu terjadi karena masalah infrastruktur. Namun ternyata ada hal-hal lain yang menyebabkannya. Dan salah satunya adalah masih kurangnya content berbahasa Indonesia.

2. Yayan Sopyan (YS):

Berbicara mengenai kesenjangan digital berarti berbicara mengenai gap antara kelompok masyarakat yang bisa menikmati teknologi digital -sebagai alat untuk bekerja, berkreasi, berkreativitas, dan lain sebagainya- dan menikmati keuntungan-keuntuingan yang diberikan oleh teknologi digital, dan kelompok masyarakat yang sama sekali tidak mencicipi itu. Itulah yang disebut kesenjangan digital.

Dalam beberapa wacana, kesenjangan digital disebut juga sebagai gap antara kelompok masyarakat atau orang yang karena mempunyai akses ke teknologi digital maka dia mempunyai akses ke informasi yang luas; karena mempunyai akses ke informasi yang luas maka dia akan menjadi kelompok masyarakat atau orang yang lebih unggul ketimbang orang yang sama sekali tidak mendapatkan akses ke informasi yang luas itu.

3. Direktur Pemberdayaan Telematika Bapak Bambang Soeprijanto dibacakan oleh Kasi Program Pemberdayaan Telematika Perkotaan Bambang Tri Santoso, menegaskan pentingnya peran pemerintah, swasta dan perguruan tinggi dalam membimbing masyarakat untuk mengenal dan menggunakan teknologi informasi menuju masyarakat informasi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar